Manfaat Masker Buah Semangka Segar dan Alami

Buah semangka menjadi  salah satu buah favorit bagi sebagian orang, rasa manis dan sejuk pada buah dengan  warna khas merah dan kuning ini sering mengundang selera untuk melepasdahaga, karena jenis buah dengan kadar  air tinggi ini terasa menyegarkan bila di konsumsi.

Biasanya kebanyakan orang memanfaatkan semangka hanya untuk dikonsumsi dagingnya dan membuang kulitnya begitu saja, padahal selain daging yang dapat bermanfaat  untuk menyegarkan,  kulit semangka ternyata memiliki manfaat lebih karena mengandung zat antioksidan untuk kesehatan kulit wajah maupun tubuh.

Hal itu juga yang menjadi alasan Laila Dhunurain Rochmatika bersama 3 orang teman mahasiswa lainnya dari  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  UNY  Yogyakarta yang telah memanfaatkan kulit semangka atau lapisan putih pada kulit (Citrullus Vulgaris Schrad) sebagai bahan membuat masker wajah alami.

Menurut Laila, Kulit putih pada semangka memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan bagi kulit diantaranya Sitrulin yaitu zat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.
Peran antioksidan bagi kulit diataranya bisa mengkal kemungkinan terjadinya kerusakan pada  kulit yang ditimbulkan oleh radikal bebas, poplusi serta berperan penting terhadap proses peremajaan kulit terutama pada jaringan sel kulit mati yang diakibatkan paparan sinar matahari.
Alasan lain penggunaan bahan dasar dari kulit semangka oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta ini, bahwa saat ini  masih sedikit orang yang  memanfaatkan kulit buah yang menyegarkan ini, padahal menurut Laila kulit semangka mengandung aktioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Karena itu Laila memilih semangka sebagai bahan penelitian karena menurutnya semangka merupakan buah yang mudah didapatkan dengan mudah dengan harga murah serta sudah sangat dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.
Selain semangka dapat dikonsumsi, kulit dagingnya juga bisa dimanfaatkan untuk melembabkan kulit dengan cara membuatnya menjadi masker wajah sehingga wajah bisa kembali segar dan terasa lembut. Disamping itu, masker dari kulit semangka ini menurut laila juga bisa membuaka pori-pori yang tersebut akibat terkena kotoran baik dari debu maupun dari bekas kosmetik yang tidak mudah hilang dibersihkan dengan pembersih biasa.

http://www.tuliat.com/peran-masker-wajah-dari-kulit-semangka-untuk-kecantikan/

0 Response to "Manfaat Masker Buah Semangka Segar dan Alami"

Posting Komentar